Menulis Bersama Redaktur Majalah Djaka Lodang
Ditulis oleh Lembaga Bahasa   
Rabu, 29 Agustus 2018 09:05
Dalam rangka mencari bibit penulis sastra Jawa, Lembaga Bahasa bekerja sama dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan Workshop Kepenulisan. Workshop ini terselenggara pada hari Sabtu, 11 Agustus 2018 di Ruang Seminar Universitas Muhammadiyah Purworejo. Puluhan peserta mengikuti rangkaian kegiatan workshop dengan antusias.

Tujuan khusus penyelenggaraan workshop ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan peserta, khususnya keterampilan menulis, memberikan wadah dan ruang diskusi bagi peserta terkait kegiatan menulis menggiatkan kecintaan peserta terhadap budaya menulis, dan membudayakan aktivitas menulis dalam kehidupan sehari-hari. Hasil karya peserta kegiatan workshop akan dimuat di majalah mingguan Djaka Lodang. Harapannya, peserta semakin aktif dan menyeriusi kegiatan menulis berbahasa Jawa.
Narasumber yang mengisi workshop ini yaitu Ki Sudadi (penulis Sastra Jawa sekaligus praktisi pendidikan), Abdullah Purwodarsono (pimpinan umum majalah Djaka Lodang), Eyang C.S. Hasmoro (redaktur majalah Djaka Lodang), Drs. Praba Pangripta (redaktur majalah Djaka Lodang), dan Suhindriyo (redaktur majalah Djaka Lodang). Adapun pelatih pendamping menulis yaitu Herlina Setyowati, M.Pd. (dosen mata kuliah Menulis pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa Universitas Muhammadiyah Purworejo).

Drs. H. Supriyono, M.Pd. selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam sambutannya menyampaikan harapan bahwa kegiatan workshop kepenulisan ini dapat berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Harapan berikutnya, Universitas Muhammadiyah Purworejo dapat membuat bulletin berbahasa Jawa yang dapat mengakomodir tulisan-tulisan berbahasa Jawa. Dengan demikian, bahasa Jawa tetap lestari.