I-TONI VS (Inovasi - Tong Pertanian Dengan Verticulture System)
Ditulis oleh Humas   
Jumat, 13 Juli 2018 10:34
Mahasiswa UMP temukan perangkat I-TONI VS (Inovasi - Tong Pertanian Dengan Verticulture System) Sebagai Peluang Usaha Mahasiswa Dari Pengolahan Limbah Dapur.
 

Dalam acara Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) di Universitas Muhammadiyah Purworejo, bertemakan “Menjadikan Mahasiswa yang Inovatif untuk Menghasilkan Karya Tulis Ilmiah yang Berkelanjutan Menuju PIMNAS 2019”. Para mahasiswa yang lolos Program Kreativitas Mahasiswa mempromosikan produknya masing-masing, salah satunya mahasiswa program studi agribisnis. Sebagai upaya pemanfaatan limbah dapur untuk mengurangi pencemaran lingkungan di daerah purworejo serta peningkatan penambahaan masyarakat purworejo.

 

Dengan adanya inovasi baru dari mahasiswa khususnya program studi agribisnis menciptakan I-Toni VS. Tim I-Toni VS (Inovasi Tong Pertanian dengan Verticulture System) diketuai oleh Musyarofatun Aminah dengan beranggotakan Riski Mulyono, Kikik Siti Awaliyah dan Lukman Risqian Ardiansyah. Dengan melihat kondisi lingkungan di purworejo banyak sampah dapur yang tidak dimanfaatkan dengan baik serta teknik tanam masih mengandalkan lahan yang luas untuk pertanian, mahasiswa ump membuat tong multifungsi yaitu I-Toni VS.

 

Sebagai langkah awal dalam menentukan suatu usaha harus mengamati keadaan di sekitar kita terlebih dahulu. Di daerah Purworejo para petani hanya mengandalkan sawah yang luas untuk bertanam, banyak pemancing yang membutuhkan umpan yaitu cacing, masyarakat kurang mengetahui pentingnya peran cacing untuk menyuburkan tanaman, serta limbah dapur dan barang bekas yang belum dimanfaatkan sepenuhnya. “I-TONI VS” yaitu inovasi gabungan dari sistem tanam vertikulture, budidaya cacing, pemanfaatan limbah dapur dan barang bekas, yang semua itu bisa di garap oleh 1 alat. Inovasi ini diharapkan mampu bekerja dengan baik sesuai dengan gambaran dan rencana.

 

Produk I-Toni VS dapat diterapkan semua kalangan di daerah kota maupun desa. I-Toni VS memberikan manfaat bagi masyarakat yaitu sebagai peluang usaha rumah tangga seperti penjualan bekas cacing, sayuran, instalasi verticulture dan olahan sayuran. Bagi pemerintah yaitu membantu pemerintah dalam mengatasi pengangguran sekaligus menjadikannya pakan cacing yang nantinya memiliki nilai jual tinggi baik dari cacingnya sendiri maupun bekas cacingnya. Serta bagi lingkungan yaitu Mengurangi polusi air di sekitar tempat pembuangan sampah. Diharapkan produk ini dapat dikenal banyak masyarakat se-purworejo, se-jawa tengah dan se-pulau jawa serta se Indonesia.