Donor Darah Sukarela (DORAS) 2018
Ditulis oleh UKM KSR   
Kamis, 26 April 2018 14:00
Korp Sukarela unit Universitas Muhammadiyah Purworejo telah mengadakan kegiatan Donor Darah Sukarela (DORAS) tanggal 25 April 2018 pada pukul 08.00 - 12.00 , tepatnya berada di ruang seminar, Kampus Timur. Kegiatan tersebut tentunya bekerja sama dengan pihak PMI Kab. Purworejo, karena PMI lah yang menyediakan peralatan untuk donor darah dan dari pihak PMI lah yang melakukan mengambilan darah.
 
Sebelum kegiatan berlangsung, pengurus KSR unit UMP sudah mempersiapkan banyak hal untuk melancarkan acara tersebut tentang siapa yang menjadi ketua dan panitia DORAS, mereka yang sudah terpilih menjadi ketua dan panitia. Panitia harus menjalankan tugasnya masing – masing dengan sebaik - baiknya. Seperti contohnya yaitu panitia Humas, bagi yang menjadi panitia Humas harus menyampaikan surat-surat pembentukan kegiatan ataupun pemberitahuan peminjaman barang. Panitia Perkap harus menyiapkan peralatan untuk kegiatan tersebut. Dan tugas panitia lainya. Surat yang telah dibuat dan di sebarkan tidak hanya diberikan kepada pihak kampus saja, tetapi juga untuk kampus lainya juga, seperti KSR AKBID, KSR POLSA, dan KSR AKPER.
 
Tidak hanya pemberitahuan DORAS melalui surat saja, tetapi pengurus KSR unit UMP juga membagikan selebaran yang berisi tentang kegiatan DORAS  dan di selebaran itu terdapat syarat –syarat untuk Donor Darah , ada juga pamphlet yang di tempelkan di madding di kampus dan di sekitar luar kampus. Pada hari – hari sebelum kegiatan  DORAS berlangsung, para panitia telah merapatkan kegiatan tersebut dan pada H-2 ada rapat final checking dan Alhamdulilah peralatan atau pun yang lainya sudah beres. Pada H-1 panitia DORAS merapikan tempat yang akan digunakan untuk kegiatan DORAS. Dan padahari H kegiatan DORAS berlangsung , pihak PMI datangpadapukul o8.45 dan di sambut oleh teman – teman pengurus KSR unit UMP dengan ramah, dan teman-teman pengurus dan panitia membantu menurunkan peralatan – peralatan dan meletakkan di tempat yang telah disediakan dan disiapkan.
 
Setelah semuanya disiapkan, para mahasiswa mulai berdatangan satu persatu ada juga yang sekalian bareng – bareng sama temanya dating ke SHC untuk mendonorkan darahnya , sebelum mereka mendonorkan darahnya harus mengisi daftar pendonor dan mengisi formulir data diri. Warga kampus dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo sangat berantusias pada kegiatan ini, mereka berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya melalui kegiatan DORAS yang di selenggarakan oleh KSR unit UMP. Selain itu dari kampus lain juga ada yang berdatangan untuk berpartisipasi dalam mendonorkan darahnya, seperti anak - anak AKBID. Pada hari itu, yang mendaftard alam kegiatan DORAS ada 119 dan yang memenuhi syarat untuk mendonorkan darah nya sebanyak 80orang.
 
Bagi mereka  yang  sudah mendaftarkan dirinya tetapi tidak memenuhi syarat kebanyakan karena kadar Hemoglobinya kurang atau ada yang kadarnya tinggi, tapi tidak apa-apa karena masih ada kesempatan  di kegiatan Donor Darah Sukarela selanjutnya . Dan alhamdulilah kegiatan DORAS hari itu lancar tidak ada hal angan suatu apapun.