Lomba Invitasi PMR Wira Se- Eks Keresidenan Kedu Dan Banyumas KSR PMI Unit UM Purworejo
Ditulis oleh UKM KSR   
Kamis, 26 April 2018 11:06

KSR PMI Unit Universitas Muhammadiyah Purworejo mengadakan Lomba Invitasi PMR Wira Se– Eks Keresidenan Kedu dan Banyumas. Dimana lomba tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh UKM KSR. Pada kali ini tema yang diangkat dalam lomba tersebut yaitu “Ekspresikan dirimu, tunjukkan aksimu menjadi PMR masa kini”. Dalam lomba kali ini juga terdapat mata lomba yang berbeda dari tahun – tahun sebelumnya yakni PK (Perawatan Keluarga).

Pada tahun ini, mata lomba yang dilombakanyaitu PP (Pertolongan Pertama), PK (Perawatan Keluarga), ASB (Ayo Siaga Bencana) dan PRS (Pendidikan Remaja Sebaya). Kegiatan ini dilakukan di Kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo dan diikuti oleh 21 regu dari berbagai sekolah. Sekolah – sekolah tersebut berasal dari 3 kabupaten yaitu Purworejo, Kebumen dan Temanggung.

Kesuksesan acara lomba invitasi ini tidak jauh dari kerjasama antara panitia, peserta lomba dan pihak – pihak terkait yang ikut mensukseskan acara ini. Diawali dari registrasi peserta lomba jam 06.30 WIB. Dilanjutkan peserta lomba diarahkan ke auditorium Kasman Singodimedjo yang terletak di gedung A1 lantai 2. Kemudian setelah peserta lomba menaruh perlengkapan yang dibawanya, mereka diarahkan untuk mengikuti tes teori di gedung A3 lantai 4. Setelah melaksanakan tes teori dari masing – masing perlombaan, sebagian peserta lomba PP dan PK tahap 1 ke ruang karantina dan yang lain kembali ke auditorium untuk melaksanakan upacara pembukaan.

Acara pembukaan di mulai jam 09.00 WIB. Dihadiri oleh bupati Purworejo yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Bapak Ahmad Kasirun, Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo yang diwakilkan oleh Wakil Rektor 3 Bapak Istiqo AgusWicaksono, S.P.M.Sc., Kepala Markas PMI Kab. Purworejo Bapak Supangkat, S.E., dan tak lupa pula Pembina UKM KSR Bapak Hanung Didik Arifin, S.Pt.M.Si. Acara dibuka ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 5 kali oleh Bapak Ahmad Kasirun didampingi oleh Bapak Istiqo Agus Wicaksono, Bapak Supangkat dan Bapak Hanung Didik Arifin. Setelah pemukulan gong dilanjutkan defile atau pengenalan sekolah yang diwakilkan oleh setiap sekolah 1 orang peserta lomba. Kemudian setelah defile dilanjutkan dengan pementasan tari ndolalak yang merupakan tarian khas Purworejo.

Setelah upacara pembukaan, peserta lomba PRS dan ASB diarahkan untuk menuju kampus UMP yang berada di Daerah Plaosan untuk melaksanakan lomba. Sementara peserta lomba PP dan PK tahap 2 masih menunggu di auditorium yang diisi dengan hiburan. Setelah dzuhur lomba PP dan PK tahap 2 dimulai dan peserta lomba diarahkan ke ruang karantina dan ruang lomba di gedung A3 lantai 3 dan 4. Peserta lomba sangat antusias dan tetap semangat meskipun cuaca di luar diguyur hujan deras dan rasa lelah mereka seharian melaksanakan serangkaian lomba.

Upacara penutupan baru bisa dimulai jam 17.00 WIB karena menunggu sidang dewan juri dan rekap nilai untuk penentuan kejuaraan. Setelah upacara penutupan dilanjutkan pengumuman kejuaraan. Moment yang ditunggu – tunggu akhirnya datang. Harap – harap cemas dengan dada berdebar menantikan setiap kata yang diucapkan oleh pembaca nominasi terlihat di wajah mereka. Untuk perlombaan PP (pertolongan pertama) dimenangkan oleh SMK N 1 Purworejo sebagai juara 1, SMAN 1 Purworejo grup B juara 2 dan SMKN 7 Purworejo grup B juara 3. Lomba PK (Perwatan Keluarga) dimenangkan oleh SMAN 1 Purworejo grup Bsebagai juara 1, SMAN 5 Purworejo grup A juara 2 dan SMAN 7 Purworejo grup B juara 3.

Lomba PRS (pendidikan remaja sebaya) dimenangkan oleh SMA N 2 Purworejo sebagai juara 1, SMAN 7 Purworejo grup B juara 2 dan SMAN 1 Purworejo grup A juara 3. Lomba ASB (ayo siaga bencana) dimenangkan oleh SMA N 7 Purworejo grup A sebagai juara 1, SMAN 5 Purworejo grup A juara 2 dan MA Al Iman Bulus juara 3. Akhirnya juara umum Piala Bupati Cup Lomba Invitasi PMR Wira Se- Eks Keresidenan Kedu Dan Banyumas Tahun 2018 diraih oleh SMA N 7 Purworejo grup B.

Semoga di tahun depan acara Lomba Invitasi PMR Wira Se- Eks Keresidenan Kedu Dan Banyumas KSR PMI Unit Universitas Muhammadiyah Purworejo dapat terselenggara kembali dengan lebih baik lagi. Dan peserta lomba tersebut bisa lebih antusias lagi serta lebih banyak lagi. Serta dapat diikuti oleh kabupaten – kabupaten lain seperti Magelang, Wonosobo, Temanggung, Kebumen, Banyumas, Banjarnegara, dan Cilacap.