Penyuluhan Pendidikan Keluarga yang Cerdas Membangun Generasi Penerus yang Hebat
Ditulis oleh Humas   
Senin, 12 Februari 2018 13:25

Bedono Pageron Kemiri, tanggal 10 februari 2018 mengadakan acara penyuluhan pendidikan. Acara yang diadakan oleh tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) kelompok 7 Universitas Muhammadiyah ini berlangsung cukup antusias, terbukti banyak warga yang hadir pada kesempatan hari ini. Acara ini merupakan salah satu agenda program kerja event KKN tim 7 dengan Pembimbing Dosen Lapangan Bp. Istiko Agus Wicaksana, S.P, M.Sc.


Acara ini juga mendatangkan narasumber dari Dinas Pendidikan kabupaten Purworejo yang diisi oleh ibu Gita Yuristiana,S.sos beliau adalah ketua bidang PNF (Pendididikan Non Formal).Dalam materi yang disampaikan beliau menekankan tentang pentingnya pendidikan bagi anak anaknya, mulai dari usia dini, TK, SD sampai perguruan tinggi. Selain itu beliau juga memaparkan bahwa pendidikan tidak hanya pendidikan formal saja akan tetapi ada 3 yaitu, formal, non formal dan informal. Pendidikan formal mencakup pendidikan mulai TK, SD, SMP, SLTA dan Perguruan Tinggi,  sementara non formal ada KB, pendidikan kejar paket A, B dan C, serta Pendidikan kecakapan Hidup, kemudian pendidikan informal ada pendidikan keluarga, dll. Beliau juga menekankan pentingya pendidikan keluarga , pendidikan agama, karena ketika anak sudah besar tak punya pendidikan agama akan sia sia juga jika tidak punya moral dan etika.


Kemudian pemaparan kedua disampaikan dari pihak Universitas Muhammadiyah Purworejo, yang diisi oleh dua narasumber beliau ibu Titi Rokhayati, M.Pd dan ibu Jeki Mediantari W W, S.Pt, M.Eng, M.Si. Dalam pemaparanya beliau pembicara kedua memberikan motivasi kepada warga agar semangat dalam mengenyam pendidikan, terkhusus pendidikan tinggi, karena bagaimanapun juga pendidikan merupakan alat untuk menjelajahi dunia, alat untuk menjadi manusia lebih bernilai serta salah satu alat untuk mencapai kesejahteraan hidup. Pembicara ketiga memaparkan profil Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai salah satu Universitas terbesar di Kedu Selatan, yang mempunyai slogan, kuliah berkualitas, harga terjangkau, kampus islami wahana keilmuan dan akhlakul karimah.


“Pendidikan merupakan poin yang sangat penting bagi semua orang,  biasanya orang yang berpendidikan tinggi lebih mudah dalam menghadapi persoalan hidupnya serta mudah dalam mencari rezeki, tapi jangan sampai melupakan pendidikan agama, karena pendidikan agama itu juga sangat penting” merupakan isi sambutan dari Pak Lurah Desa Bedono Pageron Bp. Suparman sembari memberi semangat kepada warganya. Beliau juga mendukung penuh agenda ini.


“Disini rata rata pemuda yang sudah lulus SLTA langsung menikah, punya anak dan tetap tinggal di desa, jarang yang merantau. Berdasarkan data yang kita ambil, masih ada sekitar 50 KK didesa Bedono Pageron yang mengenyam pendidikan rendah, yang kemudian berdampak juga pada rendahnya motivasi anaknya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, oleh karena itu dirasa penting kegiatan ini dalam mengurangi angka rendahnya perekonomian dan pendidikan”. Ujar Marica Dewi selaku ketua KKN 7 Desa Bedono pageron saat diwawancarai.