Peringatan Hari HIV AIDS dan Relawan Sedunia KSR PMI unit UM Purworejo
Ditulis oleh UKM KSR   
Selasa, 12 Desember 2017 13:57
Purworejo - Peringatan hari HIV AIDS dan relawan sedunia telah sukses diselenggarakan KSR PMI unit UM Purworejo. Acara tersebut berlangsung selama 2 hari pada tanggal 9-10 Desember 2017 di kampus UM Purworejo dengan tema “Saya Berani, Saya Sehat.”  Acara peringatan hari HIV AIDS dan hari relawan sedunia bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang betapa pentingnya menjaga diri dari ancaman HIV AIDS. Melalui acara peringatan ini,  diharapkan mampu menggugah masyarakat untuk lebih peduli dengan para penderita HIV AIDS (ODHA), dengan tidak menjauhi orangnya namun penyakitnya.
 
Acara ini dimulai dengan upacara pembukaan yang diikuti oleh wakil rektor III Bapak Istiko Agus Wicaksono, S.Pt. M.Sc, kepala markas PMI Kabupaten Purworejo bapak Supangkat, SE. peserta angkatan 2017, dan seluruh panitia pada pukul 15.30 WIB di depan SHC (Student Health Center). Kemudian, acara dilanjutkan dengan ruang kreativitas peserta yaitu pembuatan lampion, dan berakhir sekitar  pukul  17.30 WIB. Para peserta selanjutnya diarahkan ke masjid untuk melaksanakan ibadah sholat magrib.  Seusai sholat, peserta  makan malam di Ruang Kuliah Bersama dengan bekal yang mereka bawa dari rumah. Setelah itu, mereka sholat isha dan kembali ke Ruang Kuliah Bersama untuk mengikuti  acara selanjutnya yaitu penyampaian materi PRS (HIV/AIDS). Acara tersebut juga dihadiri oleh demisioner UKM HIMA dan ORTOM UM Purworejo. Penyampaian materi tersebut disampaikan oleh Kak Dwi Cahyono yang juga merupakan demisioner KSR PMI Unit UM Purworejo.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu “Best of The Best Lampion” di Auditorium Kasman Singodimedjo UM Purworejo. Peserta dipandu oleh masing-masing pemandu ke auditorium dengan mata peserta ditutup dengan slayer yang dibawanya. Acara tersebut dibuka dengan pembacaan puisi oleh salah satu panitia dan dilanjutkan dengan pensi oleh panitia. Selanjutnya ada penampilan pensi dari setiap masing-masing kelompok peserta. Acara “Best of The Best Lampion” berakhir pukul 23.00 WIB dengan diakhiri doa relawan.  Setelah acara tersebut peserta perempuan diarahkan kembali ke Ruang Kuliah Bersama dan peserta laki-laki ke basecamp UKM SAINTEK untuk berlayar ke pulau mimpi. Pukul 03.15 WIB peserta dibangunkan untuk sholat tahajud bersama dan dilanjutkan dengan kajian oleh sie rohani sampai waktu sholat subuh tiba. Seusai  sholat subuh dilanjutkan dengan Morning Jog dan Dance for Life  di Kampus Barat UM Purworejo. Seusai itu, peserta bersih diri dan makan pagi bersama panitia. Pukul 06.45 WIB Minggu, 10 Desember 2017 seluruh peserta berjalan kaki dengan didampingi masing-masing pemandu menuju ke alun-alun Purworejo untuk orasi  tentang bahaya HIV AIDS dan foto challenge. Sepulang dari alun-alun Purworejo peserta diarahkan ke auditorium untuk istirahat dan upacara penutupan. Upacara penutupan dihadiri oleh Kak Dwi Cahyono dan juga sebagai Pembina upacara. Seluruh rangkaian acara peringatan hari HIV/AIDS diakhiri dengan pembagian hadiah sesuai kategori masing-masing kelompok dan sesi foto bersama seluruh peserta dan panitia.