Anggota Baru Jurnalistik Dituntut Mampu Mengangkat Budaya Lokal
Ditulis oleh UKM Jurnalistik   
Selasa, 12 Desember 2017 08:49
Purworejo -  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Sinar Surya Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai salah satu wadah pers mahasiswa yang ada di salah satu perguruan tinggi  Purworejo dalam rangka penerimaan anggota baru telah melaksanakan Latihan Dasar Kejurnalistikan yang pada tahun ini mengangkat tema "Memperluas Wawasan Kejurnalistikan dengan Mengangkat Budaya Lokal".
 
Tema tahun ini diambil karena melihat keprihatinan masyarakat Indonesia terutama di kalangan pemuda,  banyak pemuda yang lebih suka menulis hal-hal yang terkesan alay di media sosial seperti facebook,  twitter,  instagram dan lain-lain padahal sebagai masyarakat memiliki kesempatan untuk memperkenalkan kearifan lokal yang ada di daerah masing-masing terhadap khalayak umum.  Dalam kesempatan ini terpilih Desa Wisata Ketawangrejo karena dianggap oleh UKM Jurnalistik Sinar Surya memiliki kelengkapan dalam berbagai hal yang dibutuhkan.  Selain pemandangan pantai yang indah,  warga desa yang begitu ramah membuat anggota dan pengurus Jurnalistik Sinar Surya betah bermalam di Desa Wisata Ketawangrejo. 
 
Kegiatan yang menjadi program rutin tahunan ini dilaksanakan di Ruang Seminar Kampus Plaosan UMP (9/12) dengan pemaparan materi keberitaan dan fotografi dalam dunia jurnalistik yang dipaparkan oleh wartawan dari bererapa surat kabar, dilanjutkan kegiatan di Desa Wisata Ketawangrejo (9-10/12) yang menjadi puncak dari kegiatan LDK. 
 
Anggota baru dituntut mampu mengangkat budaya lokal melalui pemaparan esai yang memiliki tema berbeda dengan kelompok lainnya, diantaranya materi gojek lesung,  dawet lele,  pantai ketawang indah, makanan tradisional pelas dan kue lompong. Sejumlah 43 anggota baru terlihat menikmati serangkaian acara dan tentunya pemandangan Pantai Ketawang Indah. Kegiatan dengan ketua panitia Dede Barijan ini dibuka secara resmi oleh Pembina UKM Jurnalistik Sinar Surya yaitu Bapak Andrian Nuriza Johan, M. Pd.
 
Diki Bayu Aji sebagai ketua umum Jurnalistik Sinar Surya periode 2017/2018 mengatakan "Semua orang adalah jurnalistik,  kalau bisa menulis status di media sosial kenapa tidak menulis yang bermanfaat?  Salah satunya adalah budaya lokal yang ada di sekitar kita. Perkembangan teknologi sangat pesat jika semua masyarakat menuliskan kearifan lokal yang ada pasti Indonesia akan lebih dikenal".

Harapan kegiatan LDK tahun depan dapat berjalan lebih bermanfaat lagi dan tentunya lebih banyak anggota barunya.