Buku "Evaluasi Program Pembelajaran, Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik"
Ditulis oleh Prof. Dr. S. Eko Putro Widoyoko, M.Pd.   
Rabu, 18 Agustus 2010 12:59

 
ISI BUKU

KONSEP EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN
  • Pengertian Evaluasi Program¬† Pembelajaran
  • Kegunaan Evaluasi Program Pembelajaran
  • Objek Evaluasi Program Pembelajaran
  • Evaluasi Proses Pembelajaran
  • Evaluator Program Pembelajaran
PENILAIAN HASIL BELAJAR
  • Hasil Pembelajaran
  • Pengertian Penilaian
  • Fungsi Penilaian dalam Pendidikan
  • Pentingnya Penilaian Hasil Belajar
  • Ciri-ciri Penilaian dalam Pendidikan
INSTRUMEN TES
  • Pengertian Tes
  • Bentuk-bentuk Tes
  • Tes Objektif
  • Tes Subjektif
  • Pengembangan Tes
  • Karakteristik Tes yang Baik
INSTRUMEN NON TES
  • Participation Charts
  • Chek Lists
  • Rating Scale
  • Attitude Scales
  • Penilaian¬† Berbasis Portofolio
VALIDITAS DAN RELIABILITAS
  • Validitas instrumen
  • Reliabilitas Instrumen
  • Analisis Validitas dan Reliabilitas dengan Komputer

MODEL-MODEL EVALUASI PROGRAM
  • Model Kirkpatrick
  • Model CIPP
  • Model Wheel (Roda) dari Beebe
  • Model Provus (Discrepancy Model)
  • Model Stake (Model Couintenance)
  • Model Brinkerhoff
EVALUASI MODEL EKOP
  • Hakikat Evaluasi Model EKOP
  • Kerangka Pikir Model EKOP
  • Karakteristik Model EKOP
  • Komponen-komponen Model EKOP
  • Kelebihan dan Keterbatasan Model EKOP
PERANGKAT EVALUASI MODEL EKOP
  • Instrumen Kualitas Pembelajaran
  • Instrumen Output Pembelajaran
  • Panduan Evaluasi Model EKOP
CONTOH-CONTOH IMPLEMENTASI MODEL EKOP
  • SMP Kabupaten Sleman
  • SMP Kabupaten Purworejo