Hasil Survey Kepuasan Mahasiswa Tahun 2015/2016
Ditulis oleh Lembaga Penjamin Mutu   
Senin, 17 Oktober 2016 10:23
Hasil Survey Kepuasan Mahasiswa
Terhadap Layanan Akademik dan Kemahasiswaan UM Purworejo Tahun 2015/2016


Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Akademik diukur berdasarkan lima aspek yaitu:

  1. Faktor Fisik (tangibles)
  2. Reliabilitas (reliability)
  3. Daya Tanggap (responsibility)
  4. Jaminan (assurance)
  5. Empati (emphaty)

Instrumen yang digunakan untuk mengukur kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik adalah berupa kuesioner. Kuesioner dibuat dengan menggunakan pernyataan tertutup dan mahasiswa memberikan penilaian berdasarkan pilihan yang tersedia dari skala 1-5 (tidak memuaskan-sangat memuaskan) dengan memberi tanda check list (√).

 

Responden yang disurvey adalah mahasiswa UMPurworejo yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan  Fakultas Pertanian.

 

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan terhadap 180 mahasiswa UMPurworejo dari 11 Program Studi (4 Fakultas), maka diperoleh hasil nilai sebagai berikut :
  1. Dari Aspek Tangibles :  nilai 4,2 (memuaskan)
  2. Dari aspek Reliability : nilai 4,1 (memuaskan)
  3. Dari aspek Responsiveness : nilai 3,7 (cukup memuaskan)
  4. Dari aspek Assurance : nilai 3,9 (cukup memuaskan)
  5. Dari aspek Emphaty : nilai 4,0 (memuaskan)

Dari survey tersebut, yang menjadi keluhan utama mahasiswa adalah :

1). Layanan informasi kegiatan UMPurworejo kurang ter-update

2). Belum adanya ketersediaan klinik bagi mahasiswa dengan dokter jaga yang tetap.