AGRIFEST 2018 (AGRIBUSINESS FESTIVAL )
Ditulis oleh Hima Agribisnis Universitas Muhammadiyah Purworejo   
Sabtu, 31 Maret 2018 12:58
Pembangunan pertanian pada dasarnya adalah pendayagunaan seluruh potensi sumberdaya pertanian dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, yang perlu ditempuh adalah dengan cara menggali dan mengoptimalkan seluruh potensi sumberdaya (SDA, SDM, kelembagaan, dan teknologi) serta memberdayakan masyarakat agar mampu mengelola potensi tersebut secara produktif dan efisien untuk meningkatkan kesejahteraannya.
 
     Salah satu potensi yang memiliki peran kunci adalah sumber daya manusia (SDM) yang konsern dan memiliki komitmen membangun sektor pertanian. SDM yang memiliki komitmen tinggi dan kekuatan yang besar sebagian besar didominasi oleh kalangan muda. Kita berharap banyak akan semakin banyaknya para pemuda dan pemimpin yang memiliki integritas, kapasitas, dan kapabilitas untuk membangun jati diri bangsa sebagai negara agraris.
 
    Pembangunan sektor pertanian lokal masih dihadapkan pada berbagai masalah pokok yang sulit diatasi. Salah satu masalah yang harus segera diatasi adalah peningkatan daya saing sektor dan komoditas agar mampu bersaing dalam dinamika pasar dan permintaan konsumen, terutama di lingkup global. Generasi muda perlu memperhatikan aspek daya pikir dan kreativitas yang merupakan modal besar dalam peningkatan daya saing. Dengan adanya hal tersebut, pada tanggal 7 sampai 9 Mei 2018, Himpunan Mahasiswa Agribisnis Universitas Muhammadiyah Purworejo akan mengadakan kegiatan Agribusiness Festival dengan tema “ Membangun Generasi Muda dalam Mengembangkan Potensi Sumber Daya Pertanian Lokal Berdaya Saing Global “ 
 
    Tujuan dari kegiatan ini adalah mendidik generasi muda dan mahasiswa agar menjadi manusia yang cerdas, kreatif, inovatif, berakhlak mulia dan dapat membangun karakteristik pemuda yang memiliki kepedulian terhadap perubahan dan permasalahan yang terjadi di bidang pertanian.
 
Rangkaian kegiatan Agribusiness Festival :
1. Kompetisi Ekonomi Pertanian SMA/SMK/MA/Sederajat  se-Kedu.
Tema : “Menciptakan Generasi Muda Berdaya Saing Tinggi Menuju Indonesia Mandiri dan
Unggul dalam Ekonomi Pertanian”.
2. Business Plan dan Expo Agribisnis Tingkat Mahasiswa
Tema “Inovasi Produk Pertanian Berdaya Saing Global”,
3. Talkshow  Wirausaha Tingkat Mahasiswa dan Umum
     Tema “Membangun Semangat Pemuda untuk Mandiri dengan Berwirausaha”,
dengan pemateri sebagai berikut:
a. Ir. Bagus Andris Lesmana, CEO Granjava Pratama dan Exporter Practition
b. Syammahfuz Chazali, S.P, Owner PT. Faerumesia


Pendaftaran dan Biaya
Pendaftaran dilakukan dengan cara mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh kemudian dikirim melalui e-mail panitia Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya atau secara langsung ke Kesekretariat Panitia Agribusiness Festival 2018 di gedung A3 Lantai 1, Ruang Agrimart, Kampus Barat Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Biaya Pendaftaran sebagai berikut:
a. Talkshow Wirausaha kontribusi sebesar Rp 30.000,00
b. Pengiriman proposal Business Plan gratis , jika lolos 20 besar kontribusi Rp 50.000,00 per Tim 
untuk expo.
c. Lomba Cerdas Cermat Ekonomi Pertanian (LCCEP) kontribusi Rp 100.000,00 per Tim

 
Pembayaran via Rek BRI : 01-3401-0087-9153-1 A/n Fatih Hidayat Shafarudin
NB: Bukti Pembayaran Harap Disimpan
Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi: 
  
1. Bayu Puspito (Talkshow Wirausaha) (082 378 938 079)
2. Arief Maulana (Business Plan dan Expo)  (089 624 287 692)
3. Anita Sari (LCCEP) (082 324 767 638)