Seminar Nasional Teknik & Pendidikan Teknik Otomotif 2018
Ditulis oleh Panitia SEMNAS OTO   
Kamis, 15 Maret 2018 08:07
 
Revitalisasi pendidikan karakter dalam dunia pendidikan terutama di sekolah-sekolah sangat memerlukan tenaga pendidik yang profesional, bukan hanya profesional dalam segi transfer pengetahuan melainkan profesional juga dalam segi olah rasa, olah jiwa, dan penyampaian pesan-pesan moral. Dalam perannya tersebut pendidik harus melakukan penanaman dan pembinaan karakter bagi siswa serta menuntut kesadaran yang tinggi bagi setiap komponen yang terlibat agar dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dalam mata pelajaran setiap jenjang pendidikan. Revitalisasi pendidikan vokasi merupakan salah satu upaya yang ditempuh oleh Pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Diharapkan dengan revitalisasi ini maka SDM kita mampu bersaing di tingkat global. Secara teknis, Program Revitalisasi pelatihan dan pendidikan vokasional akan dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Kemendikbud akan lakukan revitalisasi sebanyak 1000 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hingga tahun 2019” jelas Prof. Agus. Selain Kemendikbud, menurut Prof. Agus Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi juga akan melakukan revitalisasi.  Untuk Kemenristekdikti akan melakukan revitalisasi sebanyak 40 politkenik negeri sampai tahun 2022 dan sebanyak 12 Politeknik Negeri ditargetkan selesai direvitalisasi pada tahun 2019. Sementara itu, Kementerian Tenaga Kerja dan sebanyak 2000 perusahaan telah menginisiasi kerjasama untuk menyelenggarakan pendidikan vokasi dan kejuruan. 
Revitalisasi lembaga pendidikan akan dilakukan melalui berbagai hal seperti penajaman kurikulum berbasis kebutuhan pasar, penataan bidang keahlian/program studi, penyusunan modul dan pemenuhan kebutuhan guru atau pendidik. Terakhir, upaya lainnya seperti peningkatan sarana dan prasarana, pembentukan teaching factory, akreditasi-sertifikasi, dan sistem perbaikan kerja lapangan, pemagangan serta kemitraan dengan industri juga dilakukan. Semua elemen masyarakat berharap dukungan penuh dari segala pihak agar seluruh upaya tersebut dapat berjalan dengan baik. Untuk itu pada tanggal 5 Mei 2018 program studi pendidikan vokasional teknologi otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo akan mengadakan seminar nasional teknik otomotif dan pendidikan teknik otomotif dengan judul “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Melalui Revitalisasi Pendidikan Vokasi – Kejuruan”. Diharapkan semua elemen terkait dapat bergabung untuk berdiskusi bersama dan bertukar wawasan sehingga hasil Seminar Nasional dapat berguna bagi dunia pendidikan kejuruan di Indonesia.
  
TUJUAN  
Seminar Nasional “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Melalui Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Kejuruan” bertujuan:
  1. Sebagai sarana untuk berbagi pengalaman dalam peningkatan kemampuan  pengembangan Sumber Daya Manusia yang siap bersaing di era yang kompetitif.
  2. Meningkatkan ketrampilan guru, mahasiswa, mekanik, instruktur, konsultan, dan semua stake holders untuk pengembangan SDM.  
TEMA SEMINAR 
Tema Seminar Nasional ini adalah “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Melalui Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Kejuruan” 
 
PEMBICARA 
  1. Prof. Dr. Soesanto. (Ketua Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) dan Guru Besar UNNES dalam bidang Teknik Mesin)
  2. Dedy Kristiadi. ( Training dan Development Consultant di Wuling Motor, Manager Waranty, Technical & Training di Subaru, Aftersales Training di Chevrolet dan Nissan )

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN SEMINAR
Waktu : Sabtu, 5 Mei 2018
Tempat : Ruang Seminar Kampus Timur UM Purworejo
 
FASILITAS 
Para peserta seminar akan memperoleh fasilitas Seminar Kit (Block note, ballpoint, buku abstrak/prosiding, sertifikat, makan, dan snack).
 
PENDAFTARAN DAN BIAYA 
Pendaftaran dilakukan dengan via online ke website prodi: 
 
Contact Person Seminar Nasional
1. Aci Primartadi, M.Pd. (081224908189)
2. Dwi Jatmoko, M.Pd. (085729216234)
 
Investasi     
1. Peserta Mahasiswa non pemakalah Rp 100.000,00.
2. Peserta umum non pemakalah Rp 150.000,00.
3. Peserta+Pemakalah  Rp 300.000,00 .
 
Biaya pendaftaran dapat dikirim melalui rekening Bank BRI Cabang Purworejo dengan
Nomor Rekening : 1292-01-001109-50-0  atau datang langsung ke Sekertariat Panitia Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Waktu Pendaftaran
1. Batas Akhir Penerimaan Makalah Lengkap tanggal 26 April 2018
2. Pengumuman Makalah diterima tanggal 28 April 2018
3. Pendaftaran peserta non Pemalakah paling lambat 2 Mei 2018